askudra sakta

السلام عليكم ورحمةالله وبركاته

Sinopsis Buku Niskala

Niskala adalah nama adik lelaki Dyah Pitaloka yang sewaktu ditinggal pergi kakaknya ia masih berusia Sembilan tahun. Kematian ayahanda dan kakak semata wayangnya di lapangan Bubat akibat ulah Gajah Mada diam-diam telah memupuk benih dendam dalam hatinya.
Tujuh tahun kemudian ia memutuskan mengembara, sebagai mana layaknya putra mahkota di hampir seluruh kerajaan di nusantara pada waktu itu. Namun sungguh tujuannya bukan hanya mengembara, melainkan mencari seorang Mahapatih yang terkenal sakti mandraguna, Mahapatih Gajah Mada.
Niskala (Anggalarang) ingin menantang Gajah Mada bertarung untuk menuntaskan dendam akibat kematian Ayah dan Kakaknya. Iapun berangkat menuju Majapahit.
Dalam perjalanan menuju Majapahit, terjadi pertarungan dengan para pendekar-pendekar sepanjang perjalanan. Pada perjalanan itulah ia bertemu dengan seorang yang tiba-tiba mengutarakan sebuah sejarah tentang leluhur Niskala. Orang yang tidak diketahui namanya itu menyebutkan bahwa raja-raja Jawa, dari zaman Sanjaya hingga Hayam Wuruk memiliki darah keturunan Sunda.
Hingga pada akhirnya, Niskala bertemu dengan sang Mahapatih yang ternyata sudah tidak sesakti dahulu lagi. Umur telah menelan kedigdayaan masa muda Gajah Mada.

0 komentar:

Posting Komentar